2 Cara Daftar Asuransi BPJS Kesehatan

Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah diresmikan 31 Desember 2013 silam. Peresmian JKN pun bersamaan dengan pembentukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang bertindak sebagai pelaksana. BPJS Kesehatan adalah peralihan PT Askes, sementara BPJS Ketenagakerjaan merupakan transformasi PT Jamsostek yang akan mulai berfungsi tahun 2015. Paling tidak 121 juta penduduk Indonesia ikut dalam BPJS Kesehatan. Cara daftar asuransi BPJS bagi yang belum terdaftar harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan. Pendaftaran sendiri bisa melalui loket BPJS Kesehatan, lewat bank atau secara online.
cara daftar bpjs kesehatan perorangan online,kesehatan offline,pribadi,mandiri,secara offline,perusahaan,syarat daftar bpjs kesehatan,bpjs kesehatan,

1. Cara daftar asuransi BPJS melalui loket
Beberapa berkas yang harus dibawa yaitu : (1) fotokopi KTP. Bila mendaftarkan seluruh anggota keluarga maka membawa pula fotokopi KTP seluruh anggota keluarga. Gunakan eKTP bila sudah punya. (2) pasfoto warna ukuran 3×4 cm 1 lembar. (3) Kartu Keluarga (KK) asli dan fotokopiannya 1 lembar. KK asli hanya untuk ditunjukkan ke petugas pendaftaran.

2. Cara daftar asuransi BPJS via online
Untuk pendaftaran cara ini persiapkan dulu data-data diri berupa KTP, KK, kartu NPWP (bila ada), alamat email dan nomer ponsel aktif.
- Akses pendaftaran BPJS online dengan alamat http://www.bpjs-kesehatan.go.id/statis-17-pendaftaranpeserta.html
- Pilih menu "layanan peserta" dan kemudian sub menu "pendaftaran peserta"
- Pilih "Pendaftaran" pada kolom BPJS-Kesehatan Admission
- Selanjutnya klik opsi "Pendaftaran Peserta Baru" bila akan mendaftar dari awal.
- Isi data-data yang diminta dengan sebenarnya seperti nama, alamat, tempat tanggal lahir, nomer ponsel, e-mail, cabang BPJS terdekat untuk pengambilan kartu BPJS dan beberapa data lain yang dibutuhkan. Pendaftar pun akan diberikan pilihan kelas perawatan dengan besarnya premi untuk Kelas I Rp.59.500/bulan, Kelas II Rp.42.500/bulan dan Kelas III Rp.25.500/bulan.
- Tentukan alamat kantor cabang BPJS untuk mengambil kartu.
- Cek sekali lagi semua data yang sudah diisikan.
- Ketikkan kode captcha yang tertera dan klik tombol "simpan".
- Pendaftar akan mendapatkan e-mail pemberitahuan ke email yang dimasukkan tadi.
- Cetak formulir isian dan Virtual account.
- Lembar virtual account berguna untuk melakukan pembayaran premi ke bank BNI , Mandiri atau BRI. Pendaftar akan mendapatkan bukti pembayaran.
- Keanggotaan BPJS kesehatan sudah aktif dan selanjutnya cetak kartu di kantor cabang BPJS terdekat.

Berkas-berkas yang mesti dibawa ketika akan mengambil dan mencetak Kartu kepesertaan BPJS yaitu : KTP asli dan fotokopi, fotokopi KK, fotokopi surat nikah, pasfoto warna ukuran 3x4 cm 2 lembar, formulir pendaftaran yang sudah di-print tadi dan lembar Virtual Account yang sudah dilakukan pembayaran ke bank.
2 Cara Daftar Asuransi BPJS Kesehatan Rating: 4.5 Posted by: Deny Novriansyah Putra