Cara Mencari Data NISN Online

Untuk mendukung program Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan Nasional, salah satu yang harus dijalankan adalah pengelolaan data seluruh siswa mulai tingkat SD hingga SMA yang terpusat dan terkomputerisasi dengan baik. Untuk itu digulirkanlah program Nomer Induk Siswa Nasional (NISN). NISN ditangani oleh Pusat Data dan Statistik Kemdiknas yang bersifat online dengan standar pengkodean yang terstandarisasi dengan baik.
cara mencari nisn siswa yang sudah lulus,nisn siswa berdasarkan sekolah asal,nisn yang hilang,terbaru,secara kolektif,yang tidak ditemukan,yang tidak ada,nomor nisn,

Semua siswa di seluruh wilayah Indonesia yang teregistrasi dalam program NISN ini akan diberikan masing-masing sebuah kode pengenal identitas siswa yang berbeda satu sama lain, bersifat baku dan bisa digunakan selamanya. Proses pemberian nomer pengenal identitas siswa ini dijalankan secara komputerisasi oleh sistem komputer Pusat Layanan NISN. Pemberian nomer induk siswa nasional ini dilakukan setelah adanya pengajuan daftar data siswa yang sudah dilakukan verifikasi oleh sekolah yang bersangkutan atau oleh Dinas Pendidikan setempat via online. Hasilnya berupa nomer NISN yang bisa dilihat secara terbuka lewat website NISN dengan alamat http://nisn.data.kemdiknas.go.id./.

Silahkan buka alamat http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data. Pada halaman yang terbuka anda akan melihat kolom pencarian berdasarkan NISN dan pencarian berdasarkan nama. Cara mencari data NISN online ini cukup dengan mengetikkan nomer NISN pada kolom yang tersedia. Lalu klik tombol "Cari". Sementara jika ingin mencari data NISN berdasarkan nama, anda harus mengetikkan nama siswa, tempat lahir dan tanggal lahir pada kolom yang disediakan. Untuk tanggal lahir anda bisa meng-klik "calendar popup" dan pilih yang sesuai dengan data tanggal lahir. Kemudian tekan tombol "Cari".

Bila memang siswa sudah terdaftar maka akan ditampilkan data siswa aktif beserta nomer NISN yang dimiliki. Kalau hasilnya nihil itu berarti pihak sekolah tempat siswa menuntut ilmu belum mendaftarkan anak didiknya. Untuk itu dipersilahkan mengunduh Formulir Peserta Didik (F-PD) dan formulir A.1 pengajuan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) di website NISN http://nisn.data.kemdiknas.go.id pada menu FORMULIR PENGAJUAN. Print kedua jenis formulir tadi dan lengkapi dengan data yang benar. Setelah terisi dengan lengkap, serahkan kedua formulir itu kepada operator NISN sekolah tempat siswa berasal. Untuk pihak sekolah bisa mengirimkan formulir A.1. Itu ke PDSP via e-mail : pdsp@kemdiknas.go.id.

Sementara bila terjadi kesalahan data siswa yang terdapat dalam NISN maka pihak bersangkutan bisa mengunduh formulir A.3. yang bisa didapatkan pada menu FORMULIR PENGAJUAN. Cetak formulir itu dan lengkapi secara manual. Bila sudah lengkap, serahkan formulir itu kepada operator sekolah tempat NISN itu dikeluarkan. Untuk pihak sekolah bisa mengirim formulir yang sudah diperbaiki itu ke alamat email : pdsp@kemdiknas.go.id.
Cara Mencari Data NISN Online Rating: 4.5 Posted by: Deny Novriansyah Putra