2 Cara Cek Kecepatan Internet Yang Akurat

Mengakses internet dengan kecepatan tinggi mungkin masih menjadi angan-angan kebanyakan pengguna internet di Indonesia. Memang beberapa Internet Service Provider (ISP) ada yang memberikan layanan akses internet berkecepatan tinggi namun tariff langganannya lumayan mahal. Ada lagi yang memasang tarif murah dengan klaim kecepatan akses di atas rata-rata namun benarkah kecepatannya memang seperti dikatakan? Anda perlu tahu cara cek kecepatan internet yang diberikan ISP langganan anda.
cara cek kecepatan internet first media,kecepatan internet android,internet dengan cmd,

Dasar-dasar cek kecepatan internet yang diberikan oleh beberapa layanan di internet sebenarnya hanya terdiri dari dua hal yaitu :

1. Tes kinerja

- Firewall
Pengujian Local Area Network (LAN) jika dilindungi oleh firewall.

- Ping
Ping dikirim ke server yang dipilih dan waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan respon diukur. Ini adalah tes dasar konektivitas internet Anda.

- Jitter
Sebuah pengukuran variasi ping berturut-turut. Semakin rendah nilai Jitter maka akan lebih baik yang menunjukkan kecepatan dari satu tes ping ke tes ping yang lain.

- Loss Packet
Adalah tes jumlah paket yang gagal untuk mencapai tujuan. Loss Packet dapat menyebabkan Jitter tinggi sehingga menghasilkan kinerja yang tidak konsisten.

2. Kecepatan koneksi

Kecepatan koneksi yang disajikan dalam satuan megabit per detik (Mbps) meliputi :

- Kecepatan download
Besaran yang diberikan adalah jumlah Mbps data yang melakukan perjalanan dari sebuah situs web ke jaringan Anda baik itu surfing, bermain game, menonton video dan mendengarkan streaming musik. Ini sangat tergantung dari kecepatan yang diberikan penyedia layanan Internet (ISP) yang digunakan.

- Kecepatan upload
Adalah angka Mbps saat mengirimkan data dari komputer Anda ke situs web. kecepatan upload ini pasti lebih rendah dari kecepatan download. Ini juga tergantung dari layanan dan paket internet yang anda ambil.

Beberapa cara cek kecepatan internet bisa anda pilih untuk menguji berapa kecepatan riil upload dan download yang diberikan oleh layanan internet dari ISP yang anda gunakan.

1. Cek dengan speedtest.net
Layanan tes kecepatan internet paling banyak digunakan di internet dengan jumlah 5 juta tes per harinya. Dan mampu melakukan pengujian kepada lebih dari 3.500 server di seluruh dunia. Tingkat keakuratan tes ini sangat tinggi sehingga bisa digunakan sebagai acuan. Anda cukup mengakses situsnya kemudian klik tombol " Begin test". Data disajikan dalam Mbps baik untuk download dan upload. Anda pun bisa melakukan tes ping. Tes ping ini untuk menentukan kualitas koneksi internet broadband Anda. video streaming, streaming audio dan game online membutuhkan kecepatan lebih.

2. Cek di testmy.net
Layanan ini membedakan tes untuk kecepatan download, kecepatan upload dan auto test. Silahkan memilih jenis tes yang anda inginkan dari menu yang ada. TestMy.net bukan sekedar tes kecepatan download rata-rata sebab layanan ini secara cerdas akan membuat penyesuaian khusus untuk komputer Anda dengan tingkat akurasi yang tinggi. Cara tes kecepatan internet ini akan mendownload data acak ke browser Anda, menghitung kecepatan download dan mencatat log hasil tes kecepatan. Layanan ini memastikan koneksi Internet Anda diuji secara menyeluruh dengan tes download besar hingga 200 MB. Data disajikan dengan sangat lengkap bahkan termasuk bisa membandingkan dengan rata-rata kecepatan ISP yang anda gunakan. Berikut contoh hasil tes kecepatan internet :

Download :: 164 Kbps 21 kB/s
My Speed :: 164 Kbps
37% slower than my average Dallas, TX US ID 261 Kbps
65% slower than my host average 465 Kbps
90% slower than my city average 1.7 Mbps
90% slower than the ID average 1.6 Mbps
99% slower than Index Speed 11.5 Mbps

2 Cara Cek Kecepatan Internet Yang Akurat Rating: 4.5 Posted by: erick rezi