3 Cara Cek IP Address Komputer Anda

Ketika komputer Anda terhubung ke jaringan maka akan digunakan alamat pada jaringan yang disebut IP Address. Jika PC terhubung ke jaringan serta internet maka komputer akan memiliki alamat IP internal yang menandai lokasi di jaringan lokal, dan IP eksternal yang merupakan alamat IP dari koneksi internet Anda. Lalu bagaimana cara cek IP Address komputer yang anda miliki?
cara melihat ip address komputer,komputer orang lain dalam satu jaringan,komputer orang lain lewat cmd,cek ip address di mac,address android,address router,address printer,

1. Cek IP publik dengan mesin pencari
Buka Bing atau Google. Kedua search engine ini akan memungkinkan Anda untuk secara cepat menemukan IP Address eksternal atau IP publik yang merupakan alamat router atau modem yang dapat dilihat oleh seluruh jaringan internet. Ketikkan "IP Address" ke kotak pencarian lalu klik Enter. Perintah pencarian ini akan menampilkan alamat IP publik yang anda gunakan yang berasal dari provider sambungan internet. Cara ini dapat digunakan di mesin pencari Google, Bing, Ask, DuckDuckGo, dan beberapa mesin pencari lainnya, tetapi tidak bisa digunakan di Yahoo.

IP Address publik Anda akan ditampilkan di bagian atas hasil pencarian, kadang-kadang dalam kotak tersendiri. Jika Anda menggunakan Ask, terletak di bagian paling atas. IP Address publik Anda terdiri dari empat kelompok masing-masing tiga angka yang dipisahkan dengan tanda titik. Sebagai contoh : 199.27.79.192. Alamat IP ini diberikan oleh penyedia layanan internet yang anda gunakan. Kebanyakan bertipe dinamis yang berubah dari waktu ke waktu. IP Address ini lah yang dapat ditutupi dengan menggunakan proxy.

2. Cek IP Address dari konfigurasi Router
Buka halaman konfigurasi router Anda. Hampir semua router dapat diakses melalui antarmuka web di mana Anda dapat melihat dan menyesuaikan pengaturannya. Membukanya cukup dengan memasukkan alamat IP router ke web browser. Periksa dokumentasi router Anda untuk alamat tertentu. Alamat router yang paling umum biasanya adalah:

192.168.1.1
192.168.0.1
192.168.2.1

Buka Router Status, Internet, atau halaman WAN. Lokasi alamat IP eksternal akan bervariasi dari satu router ke router lainnya. Sebagian besar telah terdaftar di Internet. Di bawah "Internet Port" atau "Internet IP Address" di bagian Status Router, Internet, atau halaman WAN, alamat IP Anda tertera di sana. Alamat IP adalah 4 set angka dengan tiga digit per set misalnya : 199.27.79.192.

3. Cek IP Address komputer Windows dengan command prompt
Buka command prompt. Tekan tombol Windows + R bersamaan lalu ketikkan cmd ke kotak yang muncul. Tekan Enter untuk membuka Command Prompt. Di Windows 8, Anda dapat menekan tombol Win + X secara bersamaan dan pilih Command Prompt dari menu. Ketikkan ipconfig dan tekan Enter. Maka akan ditampilkan daftar informasi koneksi jaringan Anda. Active Connections Anda mungkin diberi nama Wireless Network Connection, adapter Ethernet, atau Local Area Connection atau juga merek produsen adapter jaringan Anda. Cari IPv4 Address. IP Address adalah empat set angka dengan tiga digit per set.