Begini Cara Cek Akreditasi Perguruan Tinggi Via Internet

Sesungguhnya akreditasi merupakan suatu pengakuan publik atau pengakuan pihak luar terhadap perguruan tinggi yang bersangkutan. Pengakuan ini tentu menggunakan kriteria tertentu dan bertujuan untuk memberikan garansi kepada masyarakat bahwa perguruan tinggi bersangkutan pantas menyelenggarakan proses belajar mengajar. Dan ada jaminan pula output yang dihasilkan dapat dimanfaatkan oleh dunia kerja.
cara mengetahui akreditasi perguruan tinggi,cek akreditasi universitas,

Pemerintah lewat Kementerian Pendidikan menggunakan Undang-Undang No 12/2012 mengenai Pendidikan Tinggi mensyaratkan bahwa setiap program diploma, institut dan perguruan tinggi harus terakreditasi mulai 14 Agustus 2014 atau saat mulai berlakunya UU ini. Memang kenyataannya paling tidak terdapat sekitar 6.000 program studi yang belum memiliki status akreditasi. Untuk bagi para lulusan SMA atau para orang tua yang memiliki putra putri yang akan melanjutkan sekolah ke jenjang perguruan tinggi untuk mengetahui cara cek Akreditasi Perguruan Tinggi yang akan dimasuki. Harapannya tentu mereka akan memperoleh sarana prasarana pendidikan yang memadai sehingga kelulusannya nanti bisa digunakan oleh dunia usaha maupun instansi pemerintah.

Untuk melaksanakan akreditasi maka pemerintah membentuk apa yang dinamakan BAN-PT. BAN-PT merupakan satu-satunya lembaga akreditasi yang disahkan Kemendiknas RI. Fungsi paling penting institusi ini yakni memperbaiki kualitas pendidikan tinggi serta meningkatkan kemampuan tata kelola pendidikan tinggi sesuai dengan standar yang ditetapkan. BAN-PT didirikan tahun 1994 berlandaskan Undang Undang No. 2 tahun 1989 mengenai Sistem Pendidikan Nasional serta PP No. 60 tahun 1999 mengenai Pendidikan Tinggi.

Menjadi institusi tunggal maka BAN-PT memiliki wewenang menjalankan proses akreditasi terhadap pendidikan tinggi. Wewenang tersebut mencakup pula akreditasi terhadap seluruh lembaga pendidikan tinggi mulai Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta, Perguruan Tinggi Agama sampai Perguruan Tinggi Kedinasan.

Cara cek Akreditasi Perguruan Tinggi di era internet seperti sekarang ini sangatlah mudah sekaligus juga cepat. Sebab saat ini ini status akreditasi Perguruan Tinggi seluruh Indonesia dapat diketahui lewat situs resmi BAN-PT via internet. Status akreditasi program studi seluruh perguruan tinggi negeri atau swasta baik itu Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik dan Akademi. Dapat dicek juga tanggal berakhirnya akreditasi yang dimiliki. Menggunakan data ini kita akan memperoleh keterangan mengenai akreditasi Perguruan Tinggi yang kita kehendaki. Urut-urutan cara cek Akreditasi Perguruan Tinggi adalah sebagai berikut :
  • Akses situs resmi BAN-PT di alamat http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php
  • Pilih Kopertis Wilayah contohnya 11 atau jika tidak tahu Pilih saja opsi "Semua".
  • Pilih Tingkat atau jenjang Studi contohnya S1 atau boleh juga memilih opsi "Semua".
  • Ketikkan nama perguruan tinggi contohnya Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Semarang.
  • Ketikkan nama program studi contohnya Sistem Informasi atau biarkan kosong bila anda tak mengetahui nama program studi yang dikehendaki.
  • Untuk pilihan Tahun Kadaluarsa SK pilih saja opsi "Semua".
  • Untuk Pilihan Status Kadaluarsa SK Pilih radio button "Tampilkan semuanya".
  • Terakhir tekan tombol "Cari".
Begini Cara Cek Akreditasi Perguruan Tinggi Via Internet Rating: 4.5 Posted by: Deny Novriansyah Putra