Begini Cara Cek RAM Android

Salah satu pertimbangan utama ketika akan membeli ponsel Android baik baru maupun seken adalah besaran RAM yang dimilikinya. RAM (Random Access Memory) adalah ruang penyimpanan yang digunakan sebagai tempat menyimpan data. Anggap saja sebagai sebuah lemari arsip besar yang melayani kebutuhan CPU ponsel untuk kemudian disajikan kepada anda. RAM bersifat rewritable, sangat cepat dan digunakan secara berbeda oleh sistem operasi yang berbeda termasuk sistem operasi Android.
cara cek ram android jelly bean,cek ram iphone,samsung s5,di windows 8,asus zenfone 5,iphone 4,laptop,komputer windows 7,

Di dalam RAM inilah proses menyimpan dan mengambil data dilakukan dengan cepat. Memori RAM digunakan saat Anda menjalankan Task Manager dengan menunjukkan memori yang digunakan dan yang tersedia. RAM berbeda dengan memori internal ponsel atau ROM (Random Access Memory). Data yang tersimpan di dalam RAM membutuhkan daya konstan dan akan hilang jika daya ponsel habis. Penggunaan RAM yang makin banyak itu artinya makin banyak pula daya ponsel yang tersedot. Cara kerja RAM ini sangat cepat dibanding media penyimpanan lain seperti ROM ataupun media storage eksternal seperti microSD. Hal ini untuk mengimbangi pemrosesan data super cpat yang dilakukan oleh CPU ponsel.

RAM pada ponsel bekerja sangat berbeda dibanding pada PC. Aplikasi Android yang Anda download dan diinstal pertama kalinya akan dimuat dalam RAM dan kemudian dieksekusi. Aplikasi tersebut tetap berada dalam RAM meski anda tidak lagi menggunakannya hanya saja aplikasi di digeser ke back ground. Bila anda ingin menggunakan aplikasi itu lagi maka akan dengan cepat tersedia sebab sudah ada di RAM kecuali telah dihapus. Dengan penggunaan terus menerus, Aplikasi yang paling sering Anda gunakan akan ditempatkan pada RAM dengan syarat anda memiliki RAM yang cukup.

Nah itulah gambaran pentingnya RAM pada ponsel Android. Untuk itu bila anda akan membeli sebuah ponsel Android maka salah satu poin pentingnya adalah besaran RAM. Cara cek RAM Android untuk ponsel baru biasanya sudah tertera dalam boks kemasan maupun di dalam buku manual di dalamnya. Sementara saat akan membeli ponsel Android seken yang cuma ada unitnya saja tanpa disertakan boks kemasan, anda harus tahu cara mengeceknya. Anda buka menu "settings" kemudian "Apps" lalu "Manage App" dan gulir ke kanan sampai ke layar Running. Anda bisa melihat penggunaan RAM dari aplikasi yang aktif pada perangkat android anda sekaligus juga besaran total RAM yang dimiliki perangkat anda.

Untuk memaksimalkan kerja RAM sehingga performa ponsel akan terdongkrak secara signifikan beberapa tips berikut mungkin berguna : instal hanya aplikasi-aplikasi yang dirasa penting saja untuk mengurangi beban kerja RAM, gunakan browser yang hemat penggunaan RAM seperti Opera Mini atau UC Mini Browser, instal aplikasi android pemaksimal kerja RAM seperti Titanium BackUp dan Link2SD atau juga RAM Booster.


Begini Cara Cek RAM Android Rating: 4.5 Posted by: erick rezi