Cara Cek Backlink Yang Mengarah Ke Website Anda

Sebagai seorang Blogger anda tentu pernah mendengar kata backlink. Backlink merupakan salah satu aspek penting pendukung blog kita bisa menduduki halaman pertama mesin pencari Google dengan keyword (kata kunci tertentu). Pengertian backlink sendiri yaitu hubungan timbal balik antar website berbentuk url (alamat website). Fungsi utama backlink adalah meningkatkan PageRank (PR) dan memperbanyak tingkat kunjungan (traffic) ke website bersangkutan.
Cara Cek Backlink Yang Mengarah Ke Website Anda,

Beberapa hal bisa dilakukan untuk memperoleh backlink, diantaranya yaitu : tiap kali kita membuat postingan artikel maka selalu menyertakan alamat website kita, aktif pada beberapa website forum diskusi online dengan menyertakan signature url website kita pada signature dan tukar menukar link dengan website lain. Dalam hal ini dikenal juga istilah backlink berkualitas yaitu backlink searah atau one way backlink yang mengarah ke website kita yang berasal dari website berkualitas. Cirinya antara lain PR tinggi, domain .org atau .edu dan merupakan authority website. Sebuah backlink yang berasal dari website authority lebih diperhitungkan oleh mesin pencari ketimbang ratusan backlink namun didapat dari website sembarangan.

Guna mendapatkan backlink berkualitas dari website populer tentu tak mudah. Backlink dari website yang mempunyai domain ber-ekstensi .Gov dan.Edu dipandang sebagai backlink yang paling disukai search engine Google. Untuk itu anda dapat mencoba memberikan komentar di website dengan ekstensi .gov atau .edu itu. Berikutnya backlink yang didapat dari share artikel ke situs media sosial meskipun umumnya bersifat nofollow namun hingga saat ini masih dianggap berkualitas utamanya dari Google+. Google+ adalah jejaring sosial milik Google. Jadi di samping akan mendapatkan backlink berkualitas, website anda pun akan mendapatkan tambahan traffic dari Google+.

Setelah melakukan penanaman backlink untuk website anda, sekarang saatnya mengecek backlink itu memang sudah tertancap atau belum. Ada beberapa cara cek backlink guna melihat total backlink di website kita, 2 diantaranya yang termudah adalah sebagai berikut :

1. Google Webmaster Tool
Sebelumnya situs anda harus sudah didaftarkan ke Google Webmaster Tools di alamat http://www.google.com/webmasters/. Lalu tekan tombol "Sign In To Webmaster Tools". Anda dapat login memakai account Google Anda. Tekan url website anda. Klik menu "Lalu Lintas Penelusuran". Sesudah itu klik sub menu "Tautan ke Situs Anda". Tak berapa lama anda akan diberikan data berapa jumlah backlink yang mengarah ke situs anda tadi.

2. Layanan ahrefs.com
Anda harus sudah memiliki akun di ahrefs.com. Jika belum daftar dulu di alamat https://ahrefs.com/index.php. Berikutnya sign in dan ketikkan alamat website anda. Tekan tombol "Try It For Free". Data lengkap mengenai backlink yang dimiliki website anda akan tersaji.

Cara Cek Backlink Yang Mengarah Ke Website Anda Rating: 4.5 Posted by: erick rezi