Tata Cara Cek Harddisk Cepat dan Mudah

Anda bisa menyelesaikan beberapa masalah komputer dan meningkatkan kinerja komputer Anda dengan memastikan bahwa harddisk di dalamnya tidak terjadi error. Untuk itu anda harus tahu cara cek harddisk seperti dijelaskan dalam uraian berikut ini. Cara ini berlaku hanya untuk komputer dengan sistem operasi Windows :
Tata Cara Cek Harddisk Cepat dan Mudah,

-. Buka komputer dengan meng-klik tombol Start kemudian klik Computer.

- Klik kanan hard disk drive yang ingin Anda cek, dan kemudian klik Properties.

- Klik tab Tools, dan kemudian di bawah Error-checking, klik Check Now. Mungkin permintaan izin sebagai Administrator atau password administrator diperlukan. Ketikkan password administrator atau konfirmasi sebagai administrator.

- Bila anda menginginkan repair otomatis dari file dan folder yang di-scan dan terdeteksi rusak maka klik tombol Automatically fix file system errors sehingga komputer akan secara otomatis memperbaiki kesalahan sistem file. Jika tidak anda pilih maka pemeriksaan harddisk hanya akan melaporkan error yang terjadi tapi tidak memperbaikinya.

- Untuk melakukan pemeriksaan harddisk secara menyeluruh, pilih Scan for and attempt recovery of bad sectors. Pemeriksaan ini mencoba untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan fisik pada hard disk itu sendiri. Namun proses ini bisa memakan waktu lebih lama untuk menyelesaikannya.

- Untuk memeriksa kesalahan file sekaligus kesalahan fisik pada harddisk, klik "Automatically fix file system errors" dan "Scan for and attempt recovery of bad sectors" sekaligus. Maka komputer akan otomatis memperbaiki error pada sistem file dan menandai bad sector.

- Selanjutnya klik tombol Start. Lamanya waktu tergantung pada ukuran hard disk, dapat berlangsung beberapa menit saja hingga belasan menit . Untuk hasil terbaik, jangan gunakan komputer Anda untuk tugas-tugas lain sementara anda menjalankan scanning harddisk ini.

- Jika Anda memilih opsi Automatically fix file system errors dari harddisk yang sedang digunakan misalnya, partisi yang berisi Windows) maka Anda akan diminta untuk menjadwal ulang check harddisk untuk waktu mendatang saat anda melakukan restart komputer.

Selain cara cek harddisk menggunakan fasilitas yang sudah tersedia di sistem operasi Windows, anda pun bisa memanfaatkan program pihak ketiag untuk tujuan itu diantaranya adalah :

1. Seagate SeaTools
Seagate SeaTools adalah software untuk mengecek hard drive gratis yang sangat hebat. Ada dua versi yang tersedia yaitu

- SeaTools untuk DOS yang mendukung harddisk merek Seagate dan Maxtor. Program ini bekerja secara independen trpisah dari sistem operasi karena bisa ditempatkan di CD atau USB drive.
- SeaTools untuk Windows adalah program cek harddisk yang harus diinstal pada sistem Windows Anda. Anda dapat melakukan pengujian basic dan advance dari segala macam tipe harddisk baik internal maupun eksternal dari produsen manapun.

2. HDDScan
HDDScan adalah program cek harddisk untuk segala macam harddisk tidak peduli dari produsen mana. Ada beberapa tool yang dimilikinya termasuk SMART test dan surface test. Program ini sangat mudah digunakan, benar-benar portabel dan mendukung hampir semua interface hard drive dan tersedia update secara berkala.