Cara Mengenali BPKB Asli atau Palsu dan Cek Online

Masyarakat yang akan membeli kendaraan baik mobil atau motor seken mohon makin waspada dan jeli sebab kejadian pemalsuan surat-surat kendaraan terutama Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) saat ini sedang ramai sehingga membuat resah. Hal ini mungkin dipicu oleh kian seringnya terjadi aksi kriminal perampasan kendaraan bermotor dimana pelaku yang hendak menjual kendaraan rampasannya lalu memalsu BPKB. Secara sepintas lalu memang tak terlihat adanya perbedaan dengan yang asli. Cara mengenali BPKB asli atau palsu harus diketahui masyarakat.

Kejadian yang lain yaitu seringnya pemilik kendaraan namun BPKB hilang kemudian menyerahkan pengurusan BPKB baru ke pihak calo. Dan tanpa sepengetahuan konsumen, si calo membuatkan BPKB palsu. Penting untuk menyadarkan masyarakat supaya tak selalu mengurus sendiri BPKB untuk mengantisipasi aksi kecurangan. Akan sangat baik bila anda mempelajari sebelumnya cara mengenali BPKB asli atau palsu dari ciri-ciri fisiknya. Bersamaan dengan kian canggihnya teknologi dengan segala peralatannya membuat kalangan pelaku kejahatan bisa membuat BPKB palsu yang mempunyai beberapa ciri yang serupa dengan yang asli. Kendati begitu tetap ada beberapa bagian yang cuma ada pada BPKB asli.

Diambil dari berita yang disiarkan NTMC Korlantas Polri, ada sejumlah sistem keamanan sebagai ciri-ciri dari BPKB asli yaitu :

- Nomor BPKB cuma pihak kepolisian yang tahu sehingga jika hendak membeli kendaraan bekas mohon untuk mengecek keaslian BPKB di kantor Samsat terdekat.

- Tanda Hologram yang terdapat pada buku BPKB memperlihatkan simbol Tri Brata Polri yang jika digerak-gerakkan akan terlihat berwarna. Sementara BPKB palsu tak akan seperti itu dan terlihat bersih dengn hologram tak seperti aslinya.

- Memakai sinar dari lampu ultra violet jelas terlihat benang pengaman dan juga tulisan BPKB yang terlihat jelas. Bentuk tulisan itu pun nampak tak mulus.

Bila memang Anda merasa ada yang aneh, segera saja melakukan pemeriksaan nomor BPKB di kantor Samsat setempat, mengakses aplikasi Samsat mobile atau melalui layanan online menurut wilayah domisili Anda. Berikut merupakan layanan online cek BPKB untuk sejumlah wilayah :

- DKI Jakarta, bisa diakses di alamat http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB atau dapat pula melalui sms menggunakan format : METRO(spasi)plat nomor kendaraan da dikirim ke nomor 1717.

- Jawa Barat, dapt dibuka di http://dispenda.jabarprov.go.id atau via pesan singkat dengan mengetikkan : poldajbr(spasi)plat nomor kendaraan dan dikirim ke nomor 3977.

- Jawa Timur, bisa dibuka di alamat link http://www.esamsat.jatimprov.go.id maupun melalui SMS menggunakan format : JATIM(spasi)plat nomor kendaraan dan dikirimkan ke nomor 7070.

- Jawa Tengah, akses cek BPKB online adalah ke http://dppad.jatengprov.go.id/ dan juga melalui SMS dengan mengetikkan : JATENG(spasi)plat nomor kendaraan dan dikirim ke 9600.
Cara Mengenali BPKB Asli atau Palsu dan Cek Online Rating: 4.5 Posted by: Yunita Fitriyanti