Sering Menjumpai Tanda Jam di WhatsApp, Ini Artinya

WhatsApp (WA) adalah salah satu layanan perpesanan paling populer dan diklaim telah digunakan oleh lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia. Ini adalah aplikasi perpesanan paling populer kedua yang tersedia setelah Messenger yang keduanya dimiliki oleh Facebook. Anda sebagai pengguna mungkin akrab dengan tanda centang abu-abu dan biru yang menunjukkan apakah pesan tersebut telah dikirim, diterima, atau dilihat oleh orang yang Anda kirimi pesan tersebut. Lalu jika Anda mengalami masalah jaringan, disarankan untuk mengunduh versi terbaru WhatsApp. Sebelum pesan berhasil dikirim, Anda mungkin melihat simbol jam persegi di sudut kanan bawah. Apa arti jam di WhatsApp tersebut?

Saat melihat simbol tersebut, mungkin Anda merasa sedikit jengkel. Anda biasanya akan melihat simbol tersebut ketika perangkat tidak terhubung ke jaringan (WiFi atau data seluler) dan itu berarti bahwa pesan Anda masih belum terkirim karena menunggu koneksi yang sesuai untuk mengirim atau WhatsApp sedang menunggu internet dengan bandwidth cukup untuk mengirim pesan Anda ke server. Tanda jam di sebelah pesan yang Anda kirim bisa jadi menandakan ada masalah dengan koneksi jaringan internet yang digunakan. Pihak WhastApp sendiri menyarankan untuk mengunduh versi terbaru aplikasi WhatsApp. Namun bila ternyata masalah tetap ada maka Anda harus mengikuti trik di bawah ini untuk perangkat Android atau iPhone.

Inilah yang direkomendasikan WhatsApp untuk memperbaiki masalah jaringan di perangkat Android:

1. Buka Settings > Network & Internet > aktifkan untuk menghidupkan dan mematikan mode Pesawat.

2. Buka Settings > Network & Internet > Data Usage > alihkan untuk mengaktifkan Cellular Data.

3. Buka Settings > Apps & notifications > App info > WhatsApp > Data usage > beralih untuk mengaktifkan Background Data.

4. Buka Settings > Network & Internet > Wi-Fi > alihkan untuk mengaktifkan dan mematikan Wi-Fi. Coba sambungkan ke hotspot Wi-Fi yang berbeda. Pastikan Wi-Fi tetap menyala selama mode tidur.

5. Boot ulang router Wi-Fi yang digunakan.

6. Hubungi layanan internet seluler dan pastikan pengaturan APN ponsel sudah dikonfigurasi dengan benar.

7. Update sistem operasi Android ke versi terbaru yang tersedia.

8. Jika mengalami kesulitan masuk ke WhatsApp ketika berada di jaringan Wi-Fi yang biasanya tidak Anda gunakan coba kontak administrator jaringan.

9. Jika Anda berada di kampus atau Wi-Fi perusahaan yang memiliki pembatasan firewall, hubungi administrator jaringan.

10. WhatsApp tidak dirancang untuk digunakan dengan layanan proxy atau VPN, sehingga tidak bisa digunakan untuk konfigurasi tersebut.

Dan inilah yang direkomendasikan WhatsApp untuk memperbaiki masalah jaringan pada perangkat iPhone:

1. Restart perangkat Anda, atau matikan dan hidupkan.

2. Perbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru yang tersedia di Apple App Store.

3. Buka Settings > aktifkan untuk menghidupkan dan mematikan Mode Pesawat.

4. Buka Settings > Cellular > beralih untuk mengaktifkan Data Seluler.

5. Buka Settings > Wi-Fi > beralih untuk mematikan dan menghidupkan Wi-Fi.

6. Coba sambungkan ke hotspot Wi-Fi yang berbeda.

7. Pastikan Wi-Fi tetap menyala selama perangkat dalam mode tidur.

8. Boot ulang router Wi-Fi yang digunakan.

9. Hubungi penyedia layanan seluler dan pastikan pengaturan APN di perangkat sudah dikonfigurasi dengan benar.

10. Buka Settings > General > Reset > Reset Network Settings > Reset Network Settings. Ini akan menghapus semua kata sandi Wi-Fi yang tersimpan.

11. Tingkatkan atau pulihkan sistem operasi perangkat ke versi terbaru.

12. WhatsApp tidak dirancang untuk digunakan dengan layanan proxy atau VPN sehingga tidak dapat memberikan dukungan untuk konfigurasi tersebut.