Cara Mencari Situs NISN Siswa Sekolah Via Internet

Nomor Induk Siswa Nasional atau sering cuma disebut NISN merupakan cara pendataan siswa secara nasional dimana setiap siswa diberikan kode berupa angka unik yang berbeda antara satu dengan yang lain dan bisa digunakan selama siswa tersebut bersekolah mulai tingkat SD dan bahkan sampai mereka kuliah di universitas. Menggunakan NISN ini setiap siswa akan memiliki nomor induk yang sama hingga mereka tamat belajar. Menggunakan data dari NISN ini juga kemajuan tingkat pendidikan seluruh siswa di Indonesia bisa dipantau tak terkecuali bila ada perubahan data misalnya siswa pindah sekolah, persentase kelulusan sampai jumlah siswa yang tak bisa melanjutkan sekolahnya.
cara mencari nisn siswa berdasarkan nama sekolah,nisn siswa berdasarkan sekolah asal,siswa yang sudah lulus,siswa alumni,siswa baru,cara mengetahui nisn siswa,

Data yang ada pada NISN bisa digunakan untuk perencanaan pendidikan nasional, penyaluran Bantuan Operasional Sekolah (BOS), penyelenggaraan Ujian Nasional maupun program bertaraf nasional yang berhubungan dengan data siswa bisa terukur dan data yang dihasilkan akan lebih akurat. Cara mencari situs NISN siswa sekolah bisa dilakukan secara online karena bersifat informasi terbuka dengan beberapa batasan. Dengan begitu setiap warganegara bisa dengan mudah mengevaluasi atau mengklarifikasi jika memang ada data yang salah.

Data NISN siswa bisa diakses dengan membuka website NISN dengan alamat http://npsn.data.kemdikbud.go.id dan http://nisn.data.kemdikbud.go.id. Sistem terkomputerisasi secara nasional ini ditangani oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (PDSP Kemdikbud). Untuk memastikan bahwa seorang siswa sudah terdaftar dalam sistem NISN ini mereka bisa membuka link http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data. Halaman yang tersaji memberikan dua pilihan pencarian yakni pencarian dengan menginputkan nomer NISN dan pencarian dengan menginputkan nama dan alamat siswa yang bersangkutan.

Bila setelah dicek ternyata data tak ada, siswa bisa mendownload Formulir Peserta Didik (F-PD) dan Formulir A.1. Print kedua formulir tadi dan isi setiap poin yang diminta dengan benar dan lengkap. Cek sekali lagi dan bila dirasa sudah benar, serahkan kedua formulir tersebut kepada operator NISN/NPSN sekolah asal siswa. Selanjutnya pihak sekolah bersangkutan akan mengirimkan Formulir A.1. Tadi ke Pusat Data dan Statistik Pendidikan menggunakan alamat e-mail : pdsp@kemdiknas.go.id. PDSP kemudian akan memberika NISN untuk siswa bersangkutan.
Sedangkan untuk memperbaiki data NISN yang keliru, caranya hampir sama hanya saja formulir yang harus didownload dan diisi adalah Formulir A.3. Pengajuan Perbaikan Biodata Siswa.

Bila karena suatu sebab kartu NISN yang dipegang siswa hilang, rusak atau data yang tercetak keliru mereka bisa memberitahukan kepada pihak operator NISN sekolah untuk dilaporkan ke PDSP. Mudah bukan cara mencari situs NISN siswa sekolah sebab semua sudah dilakukan via online.
Cara Mencari Situs NISN Siswa Sekolah Via Internet Rating: 4.5 Posted by: Deny Novriansyah Putra