Cara Cek Daftar Tunggu Haji Via Online

Pemerintah lewat Kementerian Agama mulai tahun 2004 silam memakai mekanisme daftar tunggu (waiting list) berangkat haji. Hal ini bertambah tahun layaknya menanam bom waktu dengan makin banyaknya penumpukan jutaan calon jemaah haji. Sebelumnya tak sekalipun muncul persoalan dalam urusan berhaji bagi warganegara Indonesia ini. Terbukti jumlahnya tak pernah melampaui kuota yang diberikan kepada Indonesia dari pemerintah Saudi yang sebesar 205 ribu orang.
Cara Cek Daftar Tunggu Haji Via Online,

Namun sejak adanya sistem ini, daftar tunggu haji sudah mencapai 20 tahun ke depan di sejumlah daerah. Berhaji memang kewajiban bagi setiap muslim yang memiliki kemampuan baik finansial maupun fisik dan tata cara berhaji. Bila sudah mampu maka harus dilaksanakan dengan segera. Namun dengan adanya sistem tunggu berangkat haji ini sudah jelas perintah Allah tak bisa segera dilaksanakan. Semakin membludaknya para calon jemaah haji Indonesia salah satunya dikarenakan kesadaran umat muslim untuk melaksanakan rukun Islam yang diimbangi dengan kemampuan ekonomi mereka.

Tata cara mendaftar haji pertama kali adalah membayar setoran awal haji sejumlah Rp.25 juta ke bank penerima setoran (BPS) yang ditunjuk. Selanjutnya pendaftar akan memperoleh nomor porsi haji. Nomor porsi ini bisa dikatakan sebagai nomer antri pergi haji. Menggunakan nomer ini maka calon jemaah haji dapat mengetahui perkiraan tahun berangkat via online. Cara cek daftar tunggu haji ini dengan memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh website resmi kementerian Agama dengan alamat di http://haji.kemenag.go.id/v2/node/955358.

Dengan mengetahu estimasi tahun berangkat haji maka bisa mempersiapkan segalanya lebih awal termasuk juga pelunasan BPIH (biaya penyelenggaraan ibadah haji), perlengkapan yang mesti dibawa dan juga belajar tata cara manasik haji dsb. Sesudah calon jemaah membayar setoran awal haji sebanyak Rp. 25 juta maka akan memperoleh bukti setoran awal BPIH trmasuk di dalamnya ada nomer porsi haji. Nomer ini berisikan 10 digit angka dan nomor porsi yang tercantum pada bukti setoran awal di bank.

Nah nomer porsi haji inilah yang mesti diketikkan di layanan website Kemenag mengenai estimasi berangkat. Kadangkala layanan ini tak bisa memberikan estimasi perkiraan berangkat karena sedang dilakukan update database terkini. Coba cek sekali lagi di lain hari. Nomer porsi haji ini merupakan bukti jika anda adalah calon jemaah haji yang sah yang sudah terdaftar di Kementerian Agama. Sebagai calon jemaah haji anda harus tahu cara cek daftar tunggu haji ini sebab estimasi tahun keberangkatan bisa berubah-rubah. Calon jemaah haji memang harus kerap mengecek nomor porsi yang dimilikinya. Perubahan tahun keberangkatan ini bisa diakibatkan beberapa sebab antara lain pengurangan kuota karena adanya penataan kawasan Masjidil Haram , terjadi calon jemaah haji meninggal lebih dulu sebelum pergi haji dan lainnya. Usahakan melakukannya di bulan Januari sebab di bulan tersebut Kementerian Agama sudah merampungkan kewajiban pelayanan haji serta bulan dimana menjelang pelunasan BPIH.



Cara Cek Daftar Tunggu Haji Via Online Rating: 4.5 Posted by: erick rezi