Cara Cek Driver Komputer

Definisi dari driver komputer adalah sebuah software sebagai elemen dari operating system yang berfungsi menghubungkan operating system tersebut dengan hardware komputer. Driver berfungsi sebagai software yang mengontrol bagaimana sebuah hardware harus bertindak. Bila tak ada driver maka hardware komputer tak akan mengenali perintah dari operating system sebuah komputer. Bisa diibaratkan driver yang terdapat di dalam komputer adalah pengemudi mobil. Operating system diibaratkan sebagai penumpangnya. Penumpang tak tahu cara mengemudikan sebuah mobil sehingga ia menginstruksikan kepada pengemudi agar membawanya ke sebuah tempat. Pengemudi lah yang akan menangani bagaimana mobil tersebut dioperasikan. Bisa maju, mundur, menambah kecepatan hingga berhenti.
cara cek spek komputer,cek spek komputer sendiri,spek komputer di windows 7,spesifikasi komputer untuk game,spesifikasi komputer lewat run,vga komputer,ram komputer,

Operating system mustahil diciptakan untuk menjalankan semua hardware yang ada. Sehingga diciptakan suatu standar instruksi yang mengendalikan tiap-tiap hardware yang tertanam dalam komputer. Standar instruksi tersebut adalah perintah umum yang selanjutnya diartikan sebuah driver ke perintah tertentu untuk hardware. Pada suatu operating system contohnya, pengguna hendak melakukan print suatu dokumen. Ketika instruksi didapat oleh operating system karena input dari pengguna maka kemudian operating system akan memerintahkan driver agar mencetak dokumen tersebut sesuai dengan syarat-syarat yang sudah di-inputkan. Selanjutnya akan diproses driver pertama membaca dokumennya trlebih dulu, memastikan bahwa perangkat mencetak dalam hal ini printer sudah siap kemudian memberikan instruksi cetak ke printer.

Sejumlah driver yang terinstal di komputer memang telah dibawa secara default oleh operating system ketika instalasinya. Tetapi itu cuma berguna untuk hardware yang sudah terpasang sebelum operating system itu diinstalasi. Kalau kemudian dipasang sebuah hardware baru, itu artinya sebuah driver mesti dipasang lebih dulu. Pengguna komputer tersebut harus melakukan instalasi driver dari hardware yang bersangkutan yang biasanya sudah disertakan dalam bentuk CD ketika membelinya.

Untuk lebih memahaminya anda harus tahu cara cek driver komputer yang anda gunakan. Dan berikut tata caranya :

- Dari start menu, buka menu Windows explorer kemudian klik kanan pada ikon Computer dan pilih dropdown menu Properties.
- Akan keluar jendela baru, klik kanan Device Manager.
- Driver yang belum terpasang pada komputer Anda ditandai menggunakan tanda seru.
- Jika hendak memasang driver yang belum ada, Anda boleh memanfaatkan software pihak ketiga misalnya driver Genius, Driver Checker atau yang lainnya.
- Tetapi Anda pun dapat memasangnya secara langsung. Caranya dengan klik kanan di driver yang belum terpasang kemudian klik opsi "Updates driver Software" Asalkan komputer yang anda gunakan terkoneksi ke jaringan internet.
- Sesudah melakukan semua langkah tadi berikutnya Anda bisa menekan pilihan "Search automatically for update driver software".
- Serta-merta driver yang belum terpasang di komputer anda akan melakukan update sendiri ketika tersambung ke jaringan internet.

Cara Cek Driver Komputer Rating: 4.5 Posted by: erick rezi