Cara Cek VGA Komputer Dengan 2 Pilihan Ini

Cara Cek VGA Komputer - Grafis adalah bagian integral tentang bagaimana kita melihat atau terhubung dengan komputer. Grafis yang kita lihat melalui monitor komputer ditampilkan dengan bantuan VGA card atau video graphic array card. Kartu VGA memungkinkan monitor komputer untuk menampilkan piksel, yaitu unit dasar dari komponen gambar terkecil. Resolusi dasar yang ditawarkan oleh kartu VGA biasanya pada nilai 640 x 480 piksel. Komputer dengan sistem operasi IBM biasanya ditampilkan dalam VGA ketika boot up. Kartu grafis kemudian mengambil alih untuk menawarkan fungsi grafis yang lebih canggih.
cara cek vga komputer kita,windows xp,download cek vga komputer,artikel cek vga komputer,kumpulan cek vga komputer,melihat prosesor laptop,card di laptop,card rusak,

Kartu VGA bersifat plug in yakni kartu disisipkan ke slot VGA yang tersedia di motherboard komputer yang bisa dipasang dan dicopot. Namun ada juga VGA yang bersifat onboard yang sudah paten apa adanya. Kerja VGA ini adalah mengkonversi pola grafis atau bitmap menjadi sinyal elektronik untuk layar monitor. Sebuah bitmap, atau pixmap adalah peta biner di mana satu bit atau unit komputasi dasar informasi setara dengan satu pixel pada layar monitor.

VGA card berperan sangat vital jika komputer sering difungsikan untuk bermain game yang membutuhkan kemampuan grafis tinggi seperti World Of Warcraft. Dengan kartu grafis yang mumpuni maka tampilan sebuah game beserta pergerakannya akan halus tanpa adanya gambar pecah atau tersendat-sendat. Namun jika Anda puas bermain game web-based atau game umumnya, kartu grafis onboard sudahlah mencukupi. Terlebih saat ini kartu grafis terintegrasi pun memiliki performa yang tak mengecewakan. Misalnya saja yang ditemukan di Intel Sandy Bridge-chip Core atau prosesor AMD Fusion. Tapi tentu saja kartu grafis dedicated selalu lebih baik karena memungkinkan Anda untuk menjalankan game dengan resolusi tinggi dan lebih leluasa melakukan pengaturan grafis sesuai yang dibutuhkan.

Beberapa cara cek VGA komputer bisa anda gunakan untuk mengetahui secara persis spesifikasi kartu grafis komputer anda yaitu :

1. Cek dengan Device Manager.
Device Manager akan menampilkan semua perangkat keras yang terpasang di komputer Anda. Ada beberapa cara berbeda untuk membuka Device Manager, tergantung pada versi Windows yang Anda gunakan:

- Cari Device Manager di Control Panel.
- Buka System Properties dengan menekan tombol Win + Pause. Klik link "Device Manager" di jendela sebelah kiri, atau klik tab Hardware dan kemudian klik tombol "Device Manager" tombol.
- Jika Anda menggunakan Windows 8, tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager dari menu.

Dari jendela Device Manager, klik Display Adapter yang akan menampilkan semua kartu grafis yang terpasang termasuk kartu grafis onboard. Klik dua kali pada tombol adapter di Device Manager dan kemudian pilih tab Details. Gunakan menu dropdown untuk memeriksa berbagai aspek kartu VGA Anda.

2. Cek dengan DirectX Diagnotics

Buka kotak Run. Anda dapat mengakses kotak Run dari menu Start, atau dengan menekan tombol Win + R. Ketikkan dxdiag ke dalam kotak Run dan tekan Enter. Program ini mungkin memakan waktu beberapa menit untuk memuat terutama jika Anda belum pernah menjalankannya sebelumnya. Klik tab Display maka Anda akan melihat nama dan produsen kartu grafis yang aktif. Cara cek VGA komputer ini lebih spesifik daripada menggunakan Device Manager dimana kartu grafis onboard yang tidak terpakai tidak akan ditampilkan.

Cara Cek VGA Komputer Dengan 2 Pilihan Ini Rating: 4.5 Posted by: erick rezi