Cara Mudah Cek IMEI

IMEI (International Mobile Equipment Identity) atau nomer MEID (mobile equipment identifier) adalah identitas unik sebuah perangkat mobile. Tidak ada dua perangkat yang memiliki IMEI atau MEID yang sama. Salah satu fungsinya adalah sebagai sarana yang sangat berguna melacak ponsel ketika hilang atau dicuri. Cara cek IMEI bisa berbeda-beda antar perangkat mobile dari merek yang berbeda.
cara cek imei iphone,imei samsung,android,online,blackberry,blackberry asli,asus,iphone 5,

Namun secara umum cara cek IMEI yang bisa digunakan di hampir setiap merek ponsel adalah dengan dial kode * # 06 #. Anda biasanya tidak perlu lagi menekan tombol Call atau Send sebab nomer IMEI / MEID akan muncul segera setelah Anda selesai mengetikkan kode tadi. Setelah tertera nomer IMEI di layar ponsel anda, segera catat 15 digit angka yang tertera untuk digunakan pengecekan selanjutnya.

Untuk iPhone, cara cek IMEI bisa dengan membuka penutup belakang perangkat. IPhone 5, 5c, 5s, dan iPhone original memiliki nomor IMEI tertera di bagian belakang ponsel sebelah bawah. Nomer MEID sama persis dengan nomer IMEI hanya mengabaikan angka terakhir (IMEI terdiri dari 15 digit sementara MEID 14 digit). Buka tray kartu SIM iPhone sebab nomer IMEI / MEID tertera di sana. Siapkan kertas dan alat tulis, lalu catat nomer IMEI yang tertera.

Sementara untuk cara cek IMEI dari ponsel Android, buka menu Setting Android. Kemudian tekan menu "About Phone". Anda mungkin harus menggulirkan menu ke bawah untuk menemukannya. Kemudian tekan opsi "Status". Gulirkan ke bawah sampai Anda menemukan nomer MEID atau IMEI. Perangkat Anda mungkin mencantumkan kedua nomer itu. Catat nomer yang tertera di sana untuk keperluan pengecekan lebih lanjut.

Setelah anda mendapatkan nomer IMEI atau MEID, saatnya anda melakukan cek lebih lanjut dengan memanfaatkan layanan cek IMEI pihak ketiga yang banyak tersedia di internet. Berikut beberapa layanan yang paling banyak digunakan :

1. Cek IMEI di imei.info
Layanan ini sangat populer untuk urusan mengecek keabsahan nomer IMEI dan juga cek garansi sebuah ponsel. Cukup isikan nomer IMEI yang sudah anda catat sebelumnya tadi. Setelah menekan tombol Check maka anda akan memperoleh data lengkap mengenai ponsel anda termasuk nomer IMEI. Bandingkan dengan nomer IMEI yang anda catat tadi.

2. Cek IMEI khusus iPhone di iphoneimei.info
Untuk layanan ini khusus untuk mengecek nomer IMEI segala macam model iPhone. Silahkan mengetikkan nomer IMEI pada kolom yang tersedia lalu klik tombol anak panah. Selain untuk mengecek IMEI, layanan dari iphoneimei.info ini pun bisa untuk melakukan factory unlock yaitu membuka kunci dari pabrik sehingga iPhone bisa digunakan dengan SIM card dari provider GSM apa saja.

3. Cek IMEI, MEID dan ESN di swappa.com
Layanan ini hampir sama dengan kedua layanan sebelumnya yaitu untuk mengecek keabsahan nomer IMEI, MEID dan ESN (electronic serial numbers). Masukkan nomer IMEI ponsel anda dan tekan tombol Check maka data lengkap ponsel anda akan tersaji.


Cara Mudah Cek IMEI Rating: 4.5 Posted by: erick rezi