Fungsi dan Cara Cek Ping

Ping adalah aplikasi ringan yang fungsinya sangat besar terutama untuk troubleshooting gangguan yang terjadi pada jaringan apakah itu LAN atau jaringan internet. Ping adalah waktu reaksi koneksi seberapa cepat komputer mendapat jawaban setelah Anda mengirimkan permintaan kepada jaringan komputer lain. Nilai ping yang rendah berarti koneksi yang responsif yang sangat dibutuhkan bagi mereka yang membutuhkan kecepatan akses misalnya online game. Ping diukur dalam milidetik (ms). Ping pun bisa digunakan untuk mengetahui connection latency (istilah tekhnis untuk delay atau time lag) antara dua komputer.
cara cek ping game online,ping speedy di run,dota 2,di mac,first media,komputer,melalui cmd,di android,

Sebuah koneksi internet broadband yang handal baik kabel atau nirkabel biasanya menghasilkan ping tes latency kurang dari 100 ms, seringnya malah kurang dari 30 ms. Koneksi internet satelit biasanya mengalami latency di atas 500 ms. Ping pun dapat dioptimalkan pemakaiannya guna mengecek kestabilan dan kecepatan respon jaringan internet yang anda gunakan dalam kurun waktu tertentu. Cara cek ping gampang saja, silahkan buka jendela command prompt di sistem operasi Windows. Jika mengetikkan perintah Ping biasa maka akan terjadi pengiriman paket hingga 4 kali. Cara ini bisa digunakan bila cuma akan mengecek apakah terjadi gangguan pada sambungan internet ketika itu.

Dari jendela command prompt yang terbuka, ketikkan "ping" diikuti alamat website yang hendak dijadikan sasaran. Misalnya : ping www.google.com atau ping www.youtube.com. Bisa juga dengan mengetikkan perintah "ping" yang kemudian diikuti alamat IP tujuan misalnya : ping 198.130.1.101 kemudian tekan enter. Jika hasil yang diberikan memunculkan 0 % loss artinya jaringan internet yang anda gunakan tak ada masalah dan dalam kondisi baik.

Anda pun bisa menjalankan ping tanpa henti atau terus menerus dengan tujuan untuk melakukan monitoring kecepatan internet tanpa mesti menuliskan perintah ping tiap saat. Untuk itu Anda tambahkan saja parameter -t setelah mengetikkan ping. Misalnya tuliskan ping -t www.google.com di jendela command prompt yang terbuka dan kemudian tekan enter. komputer akan mengirimkan paket ping terus menerus ke alamat yang dituju. Anda dapat mengetahui kestabilan kecepatan internet anda dengan utuh sekaligus juga kecepatan respon yang dihasilkan. Guna menyudahi ping ini cukup dengan menutup jendela command prompt dengan meng-klik tanda silang di pojok kanan atas.

Hasil sebuah ping biasanya menunjukkan Time misalnya 320 ms artinya waktu latency yang diperoleh adalah 320 mili detik. Makin tinggi besaran angka ping ini itu artinya makin lambat kecepatan koneksi internet yang anda gunakan. Sebaliknya makin kecil angka yang diperoleh menunjukkan makin cepat dan stabilnya koneksi internet yang anda pakai.

Ada lagi tulisan Request Time Out, maksudnya akses internet tengah terputus atau tak ada sambungan. Jika Request Time out ini cuma sekali dua kali muncul dianggap masih normal namun jika terjadi berulang kali maka diindikasikan ada gangguan dalam koneksi yang anda gunakan. Nah ternyata mengetahui cara cek ping itu sangat berguna bagi anda yang sering menggunakan akses internet.



Fungsi dan Cara Cek Ping Rating: 4.5 Posted by: erick rezi