Memahami Cara Cek IMEI BB

Setiap ponsel GSM memiliki nomer IMEI (International Mobile Equipment Identity) termasuk juga perangkat BlackBerry. Nomer IMEI pada perangkat Blackberry akan membantu mengidentifikasi dan membedakan ponsel BB yang Anda punya dari semua handset BlackBerry lain di dunia. Nomor IMEI memiliki beberapa kegunaan yang salah satunya dapat digunakan untuk menghentikan penggunaan telepon curian yang digunakan pada jaringan mobile. Nomer IMEI ini juga diperlukan jika Anda ingin melakukan unlock handset BlackBerry Anda karena akan berpindah layanan provider. Cara cek IMEI BB sebenarnya hampir sama saja dengan perangkat ponsel lainnya.
cara cek imei blackberry,cek imei android,imei ipad,imei xiaomi,lenovo,nokia,asus zenfone 5,sony xperia,

Sebelumnya Anda harus mengetahui versi software perangkat BlackBerry yang anda gunakan. Berikut cara cek IMEI BB :

1. Untuk sistem operasi BlackBerry® 6 & 7
Dari layar Home atau dari dalam folder, pilih menu "Options" kemudian pilih "Device" dan berikutnya "Status Information Device". Segera nomer IMEI BB perangkat anda akan ditampilkan di layar. Catat 15 digit angka yang diberikan untuk pengecekan lebih lanjut.

2. Untuk sistem operasi BlackBerry 5.0 ke bawah
Dari layar Home atau dari dalam folder pilih "Options" kemudian pilih "Status". Silahkan nomer IMEI yang terlihat di layar dicatat untuk dipakai mengecek selanjutnya.

3. Cek IMEI BB di bodi perangkat yang bersangkutan.
Cukup dengan melepas baterai dan stiker nomer IMEI, MEID atau ESN tercantum di sana

4. Menggunakan kode universal yang berlaku untuk semua ponsel yakni kode *#06#* dari perangkat BB anda.

Setelah anda mencatat nomer IMEI dari handset BlackBerry anda maka kini saatnya dicek kebenarannya melalui layanan third party yang tersedia di internet. Sekarang ini ada beberapa layanan yang bisa melakukan cek IMEI BB. Data lengkap mengenai handset Blackberry anda akan diberikan sesaat setelah anda mengetikkan nomer IMEI BB anda. Berikut beberapa layanan gratis yang bisa anda manfaatkan untuk itu :

1. IMEI.INFO
Ini adalah layanan cek IMEI BB dan juga jenis ponsel lain yang sangat populer. Hanya dengan mengetikkan IMEI yang anda dapatkan dari handset, anda akan diberikan informasi detil mengenai perangkat yang anda miliki.

2. IMEI-NUMBER.COM
Alternatif lain untuk mengecek IMEI BB adalah layanan yang diberikan IMEI-NUMBER.COM. Anda bisa mengaksesnya dengan alamat http://imei-number.com/imei-validation-check/. Ketikkan nomer 15 digit IMEI pada kolom yang tersedia dan tekan tombol Validate IMEI.

Sekilas membahas tentang penulisan IMEI. Nomor IMEI disusun oleh BABT yang memiliki 15 angka desimal. Sebetulnya ia memiliki 14 digit saja. Angka terakhir hanya berfungsi sebagai check digit. Struktur IMEI ditetapkan dalam 3GPP TS 23,003. 8 digit pertama nomor IMEI adalah TAC (Type Kode Allocation Code) yang akan memberikan kepada Anda merek ponsel dan modelnya. 7 digit sisanya ditentukan oleh produsen (6 adalah nomor seri dan 1 digit adalah check digit). Sebagai contoh : nomor IMEI 35 780502 398494 2 maka

35 berfungsi sebagai body identifier
780.502 produsen dan merek (tipe ponsel)
398.494 nomor seri
2 adalah check digit

Memahami Cara Cek IMEI BB Rating: 4.5 Posted by: erick rezi