Penjelasan Cara Cek NISN Siswa

Nomer induk Siswa (NIS) berbeda dengan Nomer Induk Siswa Nasional (NISN). NIS merupakan nomer urut yang diberikan pihak dimana anak bersekolah. Setiap kali sebagai siswa baru, serta-merta akan diberikan Nomer Induk Siswa ini. Bila anak tersebut pindah sekolah maka NIS otomatis berubah menyesuaikan urutan yang terdapat pada sekolahnya yang baru. Hal tersebut berkaitan langsung dengan buku ledger ataupun buku induk siswa. Keduanya dipakai sebagai arsip sekolah bila suatu saat muncul persoalan, pihak sekolah tinggal mengeceknya untuk mengetahui riwayat sekolah murid yang bersangkutan.
cara mencari nisn siswa,mencari nisn siswa yang sudah lulus,nisn siswa berdasarkan sekolah asal,cara melihat nisn siswa,nisn siswa baru,mengetahui nisn siswa,siswa alumni,

Seperti bila terjadi ijazah hilang maka bila siswa tersebut masih mengingat berapa NIS yang dimiliki di sekolah itu maka cukup mencarinya pada buku induk siswa. Seluruh nilai selama bersekolah di situ akan terdata dengan lengkap. Fotokopi buku induk pun dapat dipakai sebagai lampiran bila akan membuat surat keterangan pengganti ijazah. Namun jika NIS disekolah itu pun tak ingat, cukup mencarinya pada buku ledger untuk mencari namanya dan selanjutnya mencarinya di buku induk siswa

Sedangkan NISN kepanjangan dari Nomor Induk Sekolah Nasional. Nomer tersebut menjadi identitas siswa secara nasional yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan Nasional atau saat ini berubah menjadi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bila akan mendaftar ujian nasional maka NISN ini akan diminta. NISN diusulkan pihak sekolah tempat siswa menuntut ilmu ke Dinas Pendidikan Kota. Jadi NISN ini meski murid pindah sekolah hingga beberapa kali tetap sama dan melekat pada siswa. Ketika siswa pindah maka orang tuanya hanya dengan melayangkan tembusan surat ke Dinas Pendidikan Kota asal serta tujuan untuk dilakukan validasi. Bila cuma antar sekolah dalam kabupaten atau Dinas Pendidikan yang sama maka cukup memberitahu jika siswa yang bersangkutan pindah sekolah sehingga NISN-nya kemudian dimutasi.

Untuk itu penting juga bagi siswa atau orang tua yang memiliki anak yang bersekolah mengetahui cara cek NISN siswa sehingga bisa memastikan bahwa siswa bersangkutan memang telah memiliki NISN. Cara cek NISN siswa bisa dilakukan via online dengan mengakses alamat http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/data. Dari halaman yang terbuka maka pengunjung akan disajikan halaman pencarian NISN. Pengunjung cukup memilih propinsi domisili sekolah siswa bersangkutan, selanjutnya pilih kabupaten/kota dan sesudah itu Jenjang sekolah, status sekolah apakah termasuk sekolah negeri atau sekolah swasta. Langkah paling akhir cukup tekan tombol "Lihat Detail".

Sesudahnya akan keluar halaman data NISN sekolah siswa. Silahkan dicari nama siswa dan NISN-nya. Sementara cara cek NISN siswa yang berstatus alumni yang bersangkutan maka tekan link "Alumni" maka akan terlihat daftar alumni sekolah bersangkutan. Sebagai penutup betapa pentingnya NISN ini adalah ketika siswa akan mengikuti Ujian Saringan Masuk Perguruan Tinggi Negeri maka saat pendaftarannya akan diminta NISN.

Penjelasan Cara Cek NISN Siswa Rating: 4.5 Posted by: erick rezi