Penting Bagi Konsumen, Cara Cek BPOM Terbaru

Cara Cek BPOM Terbaru - Saat membaca artikel perihal jajanan anak sekolah yang tak aman, kebanyakan orang tua yang memiliki anak kecil mungkin akan miris. Jajanan baik makanan ataupun minuman kebanyakan mengandung zat kimia berbahaya yang membahayakan kesehatan mereka yang mengkonsumsinya. Badan bentukan pemerintah yang mengawasi obat dan makanan yakni BPOM (Badan Pengawas Obat & Makanan) sering menjumpai jajanan anak sekolah yang tak sehat. Tetapi parahnya sampai sekarang ini tetap saja jajanan membahayakan itu dijajakan bebas di sekitar sekolah.
cara cek nuptk terbaru,mengecek bpom,mengecek no bpom,bpom asli,daftar bpom,

Makanan dan minuman yang dijajakan di area sekolah sebagian besar tak memenuhi syarat kebersihan. Aspek higenitas tak begitu diperhatikan pedagang. Tengok saja makanan dan minuman yang dijajakan sering dibiarkan terbuka begitu saja dikerumuni lalat. Belum lagi debu berterbangan yang tentu akan menempel lebih-lebih jika panganan itu dijajakan di tepi jalan. Cermati pula pedagang jajanan yang memakai piring dan gelas yang cuma menggunakan seember air untuk mencuci piring dan gelas kotor. Ada kalanya peralatan makan dan minum itu cuma dimasukkan ember berisi air dan langsung diangkat. Tugas BPOM untuk mengawasi dan menertibkannya.

Itu tadi baru jajanan anak sekolah, belum lagi berbagai produk makanan dan minuman kemasan yang tak memiliki ijin kesehatan dari BPOM atau mencantumkan nomer registrasi BPOM namun ternyata palsu. Lihat saja hasil operasi rutin BPOM di sejumlah daerah yang banyak menemukan produk makanan dan minuman maupun obat-obatan dan kosmetik tanpa nomer BPOM. Itu semua bila digunakan maka berpotensi membahayakan kesehatan masyarakat. Maka kita sebagai masyarakat pengguna perlu lebih hati-hati bila akan membeli sebuah produk di pasaran. Anda harus paham cara cek BPOM untuk memastikan bahwa memang produk itu sudah terdaftar di BPOM sehingga aman untuk digunakan atau dikonsumsi.

Berikut tata cara cek BPOM bagi konsumen yang akan membeli suatu produk :

- Buka website resmi BPOM dengan alamat http://www.pom.go.id/ pada browser anda.
- Gunakan fasilitas "Cari" yang disediakan di situs BPOM ini kemudian ketikkan nomer registrasi BPOM dari produk hendak anda beli. Bila tak didapatkan hasil dari nomer registrasi yang Anda ketikkan, produk itu memiliki indikasi memiliki Nomer registrasi BPOM abal-abal.
- Anda pun bisa melihat semua produk makanan dan minuman atau produk apa saja yang sudah memiliki nomer registrasi BPOM di website ini.

Nomer registrasi yang dikeluarkan BPOM mempunyai pengertian tersendiri yaitu :

TR, Obat tradisional buatan dalam negeri
TI, Obat tradisional Impor
SD, Suplemen buatan dalam negeri
SI, Suplemen buatan Impor
MD, Makanan buatan dalam negeri
ML, Makanan impor
CD, kosmetik buatan dalam negeri
CL, kosmetik buatan impor
CA, kosmetik dengan tanda notifikasi

Misalnya produk jamu dalam kemasan memiliki nomer registrasi TR0907035 itu artinya :

TR menandakan produk tradisional dalam negeri.
09 menandakan tahun diproduksi.
07 menandakan bulan diproduksi.
03 menandakan produksi ke berapa di bulan tadi.
5 menandakan total produksi dalam ribuan.



Penting Bagi Konsumen, Cara Cek BPOM Terbaru Rating: 4.5 Posted by: erick rezi