Cara Super Mudah Kirim File Aplikasi Lewat WhatsApp

WhatsApp (WA) menjadi aplikasi perpesanan instan yang paling banyak digunakan oleh penduduk bumi. Aplikasi yang dibeli Facebook ini bahkan mengalahkan aplikasi Messenger buatan Facebook sendiri. Dengan WhatsApp ini orang tak hanya bisa mengirim pesan lewat chat namun juga mengirim file apa saja mulai dari foto, lagu, audio, dokumen dan bahkan aplikasi. Bila selama ini Anda sudah terbiasa berbagi video, lagu atau dokumen di WA, namun mungkin belum pernah mengirim aplikasi. Bagaimana cara berbagi aplikasi di WhatsApp?

Memang fitur berkirim aplikasi lewat WhatsApp belum tersedia, meski begitu Anda tetap bisa melakukannya lewat aplikasi lain. Setidaknya kita bisa menggunakan dua aplikasi berikut untuk mengirimkan file aplikasi di WA yaitu File Explorer ES atau aplikasi SendAnyFile. Berikut langkah-langkah mengirim aplikasi di WhatsApp menggunakan dua aplikasi tadi.

1. Berbagi aplikasi di WhatsApp dengan ES File Explorer

Langkah berbagi aplikasi dengan ES File Explorer ini sebenarnya cukup mudah meski agak rumit bagi yang baru pertama kali menggunakannya. Tetapi setelah terbiasa, Anda akan bisa mengirim dan menerima aplikasi dengan mudah lewat WhatsApp. Pertama-tama yang harus dilakukan adalah mengunduh ES File Explorer dari Play Store kemudian pasang dan jalankan di smartphone. Dari halaman depan, gulir layar dari kanan ke kiri hingga Anda menemukan daftar semua aplikasi yang dipasang di bawah “APPS”. Tekan lama pada aplikasi yang ingin Anda kirim hingga tersorot. Di sebelah bawah ada opsi "backup", pilih. Geser ke kiri lagi sehingga Anda akan menemukan cadangan aplikasi, itu adalah file yang akan Anda kirim dan bukannya aplikasi aslinya. Tekan lama pada aplikasi sekali lagi sampai terpilih. Di bagian bawah layar, ada opsi untuk mengganti nama file, pilih! Sebuah jendela rename akan muncul, Anda harus menambahkan ekstensi ke nama file tersebut dengan".txt" misalnya : chrome.apk.txt. Nama file akan berubah dan demikian juga file di layar (warna file). Tekan lama pada aplikasi sekali lagi sampai tersorot. Di bagian bawah layar, ketuk "More", lalu pilih "Share". Anda dapat memilih untuk berbagi melalui berbagai metode, dalam hal ini adalah WhatsApp. Pilih WhatsApp dan pilih grup atau kontak yang ingin Anda kirimi kemudian pilih Send. Bila Anda suatu ketika menerima kiriman aplikasi dengan ekstensi txt seperti contoh di atas, Anda perlu aplikasi ES File Manager untuk mengubahnya kembali ke ekstensi aslinya. Prosesnya adalah sebagai berikut. Unduh file di WhatsApp sebagaimana media lain yang Anda terima. Jalankan aplikasi ES File Manager, kemudian masuk ke folder penyimpanan Local / Internal dan temukan WhatsApp folder. Buka WhatsApp Folder tersebut dan pilih WhatsApp Media, buka WhatsApp Document (karena terkirim sebagai dokumen maka harusnya ada di folder ini). Tekan lama dan pilih aplikasi, dan di bagian bawah layar pilih Rename. Sebuah jendela rename akan muncul, hapus bagian ekstensi ".txt" (atau ekstensi apa pun yang digunakan) dan simpan nama file akhir dengan ekstensi ".apk" saja. Anda sekarang dapat menginstal aplikasi dari lokasi ini ke perangkat Anda.

2. Berbagi aplikasi di WhatsApp dengan SendAnyFile

Untuk cara yang ini Anda membutuhkan aplikasi tambahan yang namanya SendAnyFile. Aplikasi SendAnyFile sendiri tersedia dan dapat didownload di Google Playstore. Anda tinggal mendownload aplikasi tersebut ke smartphone. Sesudah itu anda harus mengakses file penyimpanan aplikasi di smartphone. Temukan aplikasi yang hendak dibagikan ke teman lewat WhatsApp. Ketuk dan tahan lama sampai keluar menu untuk mengirim aplikasi. Selanjutnya ketuk pada SendAnyFile sehingga muncul halaman kontak WhatsApp. Anda bisa menentukan siapa yang akan dikirimi aplikasi tersebut. Akhiri dengan klik tombol Send untuk mengirimkannya.