Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Halaman 29, 30, 31, 32, 33, 34, 35, 36 - Kunci jawaban buku siswa tematik Tema 4 berbagai pekerjaan subtema 1 jenis-jenis pekerjaan kegiatan pembelajaran 4 Halaman 29, 30, 31, 32, 33, 34, 35, 36 kurikulum 2013 edisi revisi 2017 semester 1 ini kakak buat khusus untuk siwa kelas 4 yang saat ini sedang mengerjakan tugas-tugas sekolah.
Sebelumnya kakak juga sudah berbagi untuk kunci jawaban tema 4 kelas 4 yaitu Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Halaman 25, 26, 27. Semoga Jawaban dari Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Subtema 1 yang kakak berikan dapat bermanfaat untuk Siswa SD/MI dalam melakukan tugas pembelajaran di sekolah, dan juga bisa menjadi referensi bagi tenaga pendidik yang membutuhkan.
Kelas 4 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 4 ini terdiri dari beberapa halaman yaitu halaman 29, halaman 30, halaman 31, halaman 32, halaman 33, halaman 34, halaman 35, halaman 36 yang dapat siswa akses pada daftar isi di bawah. Pada artikel ini merupakan kelanjutan pembahasan Pembelajaran 3. buku yang kakak gunakan bersumber dari buku siswa kelas 4 tema 4 Berbagai Pekerjaan Kurikulum 2013 sd/mi semester 1 revisi 2017 sebagai panduan dan jawaban berisi rangkuman yang sudah kami sedia.
Baca Juga :
Tema 4 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 29, 30, 31, 32, 33, 34, 35, 36
Ayo Membaca
Ida, temanku sebangku. Mungil, berkulit hitam manis, tidak banyak bicara,dan pandai itulah cirinya. Ia seorang anak yang sederhana. Ayahnya sudah lama meninggal. Ia tinggal bersama ibu dan adiknya.
Ida anak yang sangat pandai. Nilai-nilainya yang selalu bagus, memberinya kesempatan meneruskan sekolah tanpa biaya. Semua buku pelajaran dan perlengkapan ditanggung oleh sekolah. Ida tak pernah malu dengan kondisi keluarganya. Bahkan ia semakin rajin belajar dan terus berprestasi.
Ida juga selalu menjadi tempat bertanya jika teman-temannya mengalami kesulitan dalam pelajaran. Teman-teman memilih Ida sebagai ketua kelas.Pandai, tenang, dapat berkomunikasi dengan baik, serta mampu menjaga ketertiban kelas menjadi modal utamanya.
Hari ini, Ibu Tati mengingatkan tentang ulangan matematika. Sebagian siswa tidak siap. Termasuk Gugut, si jagoan bola, yang duduk di belakang kami. “Waduh, saya belum belajar, Bu! Kemarin saya seharian bermain bola sampai sore. Pulang ke rumah langsung tidur, Bu!” protesnya.
Ulangan tetap berlangsung. Gugut resah. Ia menengok ke kiri dan ke kanan. Tiba-tiba, ditendangnya kursi Ida dari belakang. “Ssstt..Ida! Bantu aku dong! Geser sedikit ke kiri, agar aku bisa melihat jawaban di kertas ulanganmu!” pinta Gugut.
Ida bergeming. Ia hanya menggelengkan kepala pelan, tanpa menengok ke belakang. Gugut mengganggunya lagi. “Ayo dong, Ida. Sekali ini saja.Nanti aku beri kamu uang sepuluh ribu rupiah. Kamu bisa jajan kue di kantin,” rayunya.
Gugut tahu benar Ida tidak pernah jajan di kantin. Ibunya tidak memberinya bekal uang jajan. Ida selalu membawa sebungkus nasi dan lauk dari rumah. Namun, di luar dugaan Gugut, Ida tidak terusik. Sekali lagi ia menggeleng pelan. Sampai waktu berakhir, Gugut terpaksa menyerahkan kertas ulangannya dengan lunglai.
Pada waktu istirahat Ida menghampiri Gugut.
“Maaf ya, Gugut. Aku bukan tidak ingin membantumu. Menyontek dan memberi contekan kepada teman, adalah perbuatan tidak jujur. Bahkan,perbuatan tersebut bisa dianggap sebagai korupsi kecil-kecilan,” katanya kepada Gugut.
“Ah, Ida. Masa menyontek sekali saja dianggap korupsi? Setahuku korupsi nilainya milyaran, dan hanya dilakukan oleh pejabat berkuasa,” kata Gugut.“Gugut, justru kita harus melatih diri. Korupsi dan menyontek sama-sama mengambil hak orang lain. Bernilai kecil atau besar, tetap saja tidak jujur.Kita membiasakan diri bertingkah laku lurus, mudah-mudahan ketika besar nanti kita tidak akan tergoda untuk melakukan korupsi. Dalam bentuk apapun!” Ida menambahkan dengan panjang lebar.
Aku dan teman-teman sekelas yang ikut mendengarkan percakapan Ida dan Gugut terdiam setuju. Memang tidak salah kami memilih Ida sebagai pemimpin di kelas. Tidak sekadar pandai, Ida juga patut dijadikan teladan.
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Halaman 29, 30
Berdasarkan cerita di atas, jawablah pertanyaan berikut!1. Siapa saja tokoh pada cerita di atas?
2. Siapa yang mengikuti ulangan matematika?
3. Apa yang dilakukan Gugut pada saat ulangan?
4. Apa yang dilakukan Ida ketika Gugut meminta jawaban?
5. Mengapa Ida tidak mau membantu Gugut?
6. Hal-hal baik apa yang bisa kamu ambil dari cerita di atas?
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Halaman 31, 32
Sikap apa yang perlu aku contoh?Apakah menurutmu sikap Ida sesuai dengan makna sila pertama Pancasila?Jelaskan!
Apakah menurutmu sikap Gugut sesuai dengan makna sila pertama Pancasila? Jelaskan!
Andai Ida memberikan contekan.
Apa yang akan terjadi?
Apa dampaknya bagi Gugut?
Apa dampaknya bagi Ida?
Apa dampaknya bagi guru yang mengajar?
Mengapa kita harus jujur?
Apa yang akan terjadi jika kita tidak jujur?
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Halaman 33
Ayo Mencoba
Pak Budi bekerja sebagai tukang taman. Suatu hari, Pak Budi mendapat pekerjaan untuk menanam pohon palem mengelilingi taman. Taman berbentuk persegi dengan sisi 20 m. Pak Budi menanam pohon palem dengan jarak 2 meter setiap pohon. Harga satu pohon adalah Rp50.000,00. Pak Budi menghitung semua biaya dengan jujur. Ia tidak berpikir untuk melebih-lebihkan biaya. Coba kita bantu pak Budi ya.Keliling, Apa itu keliling? Kita akan melakukan percobaan berikut sebelum kamu menyelesaikan masalah Diatas.
Amati persegi berikut!
Buatlah persegi satuan dengan panjang sisi 1 cm!
Tutuplah salah satu sisi persegi dengan persegi satuan!
Ada berapa banyak persegi satuan sepanjang salah satu sisi persegi?
Tutuplah sisi persegi yang berdekatan dengan persegi satuan! Ada berapa banyak persegi satuan sepanjang sisi yang berdekatan?
Bagimana hubungan antara panjang salah satu sisi dengan jumlah panjang seluruh sisi persegi?
K = s + s + s + s
⇔ K = 4s.
Hubungan antara panjang salah satu sisi persegi dengan jumlah panjang seluruh sisi adalah empat kalinya.
Jika jumlah panjang seluruh sisi yang membatasi persegi disebut keliling, apa yang bisa kamu simpulkan tentang keliling persegi?
k = s+s+s+s = 4 x s.
Panjang sisi persegi kita dinamakan S. Keliling dinamakan K. Tulislah rumus keliling persegi!
k = 4 × s.
Ya, jumlah ukuran sisi yang membatasi sebuah bangun merupakan keliling dari bangun tersebut.
Pada bangun di atas, kelilingnya adalah AB + BC + CD + DA= 6 + 6 + 6 + 6 = 24 satuan.
Sisi persegi dinamakan s, sedangkan keliling dinamakan K. Maka K = s + s + s + s atau 4 x s.
Carilah cara berbeda menemukan keliling persegi.
Sampaikan hasilnya kepada temanmu.
S² atau S pangkat 2.
Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 29, 30, 31, 32, 33, 34, 35, 36 yang kami share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik dan tenaga pendidik. Salam Pintar dari